IPM Al Kautsar Gandeng IPM Harau Adakan Pelatihan



Lima Puluh Kota, SagoNews.com -- Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ranting Al Kautsar mengadakan pelatihan sehari menjadi guru di Ponpes Al Kautsar Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota, pada Selasa, 19 Oktober 2021 yang lalu.

Menggandeng IPM Cabang Harau, IPM Ranting Al Kautsar mengundang 60 orang santri sebagai peserta dalam kegiatan keren ini. Keseriusan dalam pelatihan ini tergambar  dalam peran yang dilakoni masing-masing peserta.

Mudir Pondok Pesantren Al Kautsar, Dafri Harweli, saat membuka kegiatan ini menyampaikan dukungan dan mengapresiasi pengurus ranting IPM yang telah menggagas kegiatan kreatif ini. ”Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi pelajaran bagi para santri, bahwa peran sebagai guru itu tidak mudah. Ada perjuangan berat yang mereka pikul,” jelas Dafri.

Dafri menyebut, bukan hanya peran guru yang ditonjol dalam kegaitan ini, tapi juga peran sebagai tenaga kependidikan, satpam, pegawai, tenaga kesehatan pondok dan lainnya. Keberadaan masing-masing profesi ini lah yang menjadi tujuan kegiatan yang hebat ini.

Selanjutnya pimpinan Al Kautsar ini berharap agar santri bisa mencontoh perjuangan yang dilakukan oleh para guru demi keberhasilan santrinya. Seorang guru memiliki kesabaran dan keikhlasan yang besar, sehingga santri bisa menghargai dan mejadikan guru sebagai teladan dalam kehidupannya.

Menutup sambutannya Dafri mengajak seluruh peserta untuk menghargai apapun profesi seseorang. “Jangan mengaggap enteng profesi yang dilakoni seseorang. Di mata kita mungkin terlihat mudah, namun kita tidak tahu bagaimana perjuangan yang dilakukannya hingga ke titik sekarang. Mungkin jika kita berada di posisi mereka, kita belum tentu mampu. Maka jagalah sikap saling menghargai,” tutup Daftri. (Nauri/Nina)