2 Siswa SMPN 9 Payakumbuh Raih Juara Tahfiz Di Ajang MHQ Pelajar Tingkat Kota Payakumbuh




Payakumbuh SagoNews.com - 2 pelajar SMPN 9 Payakumbuh berhasil meraih prestasi pada lomba Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) wisuda tahfiz pelajar percontohan tingkat Kota Payakumbuh tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh selama 2 hari, 8 dan 9 Desember 2021.

Dua pelajar itu, Juara 1 Hilya Faradice dan Juara 3 Yodi Zuldawita untuk kategori SMP 1 Juz, pengumuman juara dilaksanakan saat wisuda 300 siswa hafiz yang tediri dari 150 siswa SMP dan 150 siswa SD yang dilaksanakan di GOR M. Yamin, Sabtu (11/12).

SMPN 9 Payakumbuh mengirim 15 siswa untuk diseleksi dan mengikuti lomba yang dibagi menjadi 4 kategori, yakni 3 juz, 2 juz, 1 juz, dan 1/2 juz.

Kepala SMPN 9 Payakumbuh Syafrida kepada media, Senin (13/12), mengatakan awalnya SMPN 9 Payakumbuh sudah ikut program tahfiz percontohan yang digagas oleh pemerintah. Dengan dibantu oleh pembina yang ditunjuk dinas, kepala sekolah bersama pendamping guru agama dapat melakukan latihan secara berkala dan mendorong anak untuk meningkatkan hafalan bacaan alqurannya.

"Kita melakukan penjaringan kepada siswa yang berbakat, kemudian juga melakukan pembinaan kepada anak yang memiliki minat kepada tahfiz," kata Syafrida didampingi guru agama Yahya, Sophie Nanda Audina, dan Ressa Permana Sari.

Syafrida berharap tahun depan jumlah siswanya yang hafiz dan jumlah hafalan juz mereka terus meningkat, karena program ini dinilai Syafrida sangat bagus, apalagi anak-anak hafiz dan hafizah diapresiasi dalam bentuk wisuda setelah mengikuti lomba.

"Program dinas pendidikan ini sangat bagus. Kami akan mendukung keberlanjutan program ini, kita cetak anak-anak didik yang berilmu dan beragama, sehingga terciptalah generasi berakhlak mulia. Insyaallah siswa menjadi kebanggaan bagi orang tua dan guru," kata Syafrida. (Humas)