Raih Sekolah Terbaik Adiwiyata Mandiri Sumbar 2021, SDN 11 Padang Kaduduk Banjir Kunjungan Tamu



Payakumbuh, SagoNews.com — Lagi, prestasi ditorehkan Pemerintah Kota Payakumbuh menjelang tahun 2021 berakhir. Penghargaan yang kali ini diraih merupakan dalam dunia pendidikan di kota Randang tersebut. Penghargaan yang diraih yakni kategori Sekolah Terbaik Adiwiyata Mandiri Sumatera Barat itu diraih oleh SDN 11 Padang Kaduduk. 

Sebelum meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri, SDN 11 Padang Kaduduk sebelumnya telah meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2017 silam, dan untuk penghargaan yang telah diraih tidak membuat SDN 11 Padang Kaduduk jumawa atas penghargaan tersebut. Sehingga di tahun 2021 SDN 11 kembali raih penghargaan Sekolah Terbaik Adiwiyata Mandiri Tahun 2021 tingkat Propinsi Sumatera Barat.  

“Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak terkait, baik itu dari masyarakat sekitar seperti LPM, niniak mamak, bundo kanduang, serta juga instansi perangkat daerah dari tingkat kelurahan kecamatan maupun dari Dinas Pendidikan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh,” ucap kepala sekolah SDN 11 Padang Kaduduk Syufriati, S. Pd, M. Pd yang turut didampingi kepala dinas pendidikan kota Payakumbuh Dr. H. Dasril, S.Pd, M.Pd.

Tanpa kenal lelah, SDN 11 Padang Kaduduak terus berbenah agar menjadi sekolah yang terbaik sehingga penghargaan demi penghargaan terus diraih, seperti salah satunya penghargaan Adiwiyata kembali dapat diraih untuk kategori Sekolah Terbaik Adiwityata Mandiri Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2021. Dan atas penghargaan yang diraih ini ternyata telah menarik bagi daerah lain untuk berkunjung ke SDN 11 Padang Kaduduak. 

Kunjungan dari dua daerah yang bersamaan itu datang berkunjung ke SDN 11 Padang Kaduduk yakni dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung. Dan juga dari SD Pancung Soal dan Air Puro Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (13/12).

Rombongan yang datang sebanyak 28 orang itu, salah satu rombongan dari SDN Pancung Soal dan Air Puro yang datang terdiri dari Pengawas dan Kepala Sekolah dari dua kecamatan yakni kecamatan Pancung Soal dan Airpura di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kedatangan dua rombongan tamu dari dua daerah ini bermaksud untuk melakukan studi tiru tentang Adwiyata SDN 11 Padang Kaduduk. Tanpa basa basi, kedatangan rombongan di SDN 11 Padang Kaduduk diajak langsung untuk melihat sejumlah kegiatan dan hasil inovasi dari kegiatan Adiwiyata seperti produk lenja (lemon jahe), plaza botani, rumah bibit, kolam ikan, toga, hutan mini, greenhouse dan komposter. 

Setelah selesai melihat SDN 11 Padang Kaduduk, tamu yang datang langsung memberikan kesan yang sangat baik dan sampaikan bahwa SDN 11 Padang Kaduduk pantas meraih yang terbaik di Sumatera Barat. 

Sebagaimana yang disampaikan Asril, Korwil dari Kabupaten Pesisir Selatan yang juga sekaligus pimpinan rombongan menyampaikan dalam kesempatan ramah tamah bersama SDN 11 Padang Kaduduk dan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh itu sangat pantas menerima penghargaan tentang program adiwiyata. Sehingga kunjungan ini membuka wasawan kami bagaimana merencanakan dan melaksanakan program Adiwiyata ini agar berhasil,” ungkap Asril.

“Karena dengan Adiwiyata akan tercipta lingkungan yang ramah lingkungan dan mendukung keberhasilan proses belajar mengajar,” jelasnya. 

Disisi lain, Kabid dari Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung sampaikan apresiasi atas usaha semua warga sekolah terutama kolaborasi yang harmonis antara Kepala Sekolah dan guru dengan lingkungan masyarakat sekitar serta perangkat daerah terkait sehingga mencapai hasil yang terbaik di propinsi Sumatera Barat.

Dan ataS apa yang disampaikan rombongan tamu tersebut, Kepala SDN 11 Padang Kaduduk Syufriati yang akrab dipanggil Buk Opet itu dalam kesempatan yang sama katakan bahwa semua keberhasilan ini berkat dukungan dari berbagai pihak. Dimulai dari pemerintah daerah ditingkat kelurahan hingga ditingkat Kota, baik itu dari Dinas Pendidikan maupun Dinas Lingkungan Hidup,” ungkapnya.

Atas keberhasilan yang diraih, buk Opet ungkapan bahwa kuncinya ialah kegigihan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dan jangan pikirkan masa lalu tapi berpikir dan berbuatlah untuk masa depan,” tegasnya.

Dan juga dari Moto inilah menjadi sebuah motivasi daei sosok pilot SDN 11 Padang Kaduduk Syufriati sehingga berbagai keberhasilan dicapai seperti sekolah terbaik adiwiyata terbaik, adiwiyata nasional tahun 2017, Kepala Sekolah Karya Inovatif tingkat nasional 2020, dan sejumlah prestasi lainnya. 

“Kedepannya sejumlah daerah sudah menyampaikan akan laksanakan kunjungan studi tiru ke SDN 11 Padang Kaduduak yang diantaranya dari Palembang dan Kabupaten Bengkalis”, ungkap buk Opet.

Sementara kepala dinas pendidikan kota Payakumbuh Dr.H.Dasril S.Pd M.Pd yang turut menyambut dan mendampingi kunjungan Kepala SD dari Kabupaten Pesisir Selatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung dalam arahannya menyampaikan bahwa kunci keberhasilan sekolah tidak terlepas dari peran kepemimpinan Kepala Sekolah. 

“Apabila setiap Kepala Sekolah menjalankan tugas dan fungsinya dengan sungguh-sungguh maka walau bagaimanapun tantangan yang dihadapi akan dapat diatasi dengan baik,” terang Dasril.

Tidak lupa Kepala Dinas yang bergelar Doktor tersebut menyampaikan salah satu tips mencapai sukses adalah dengan literasi yang baik. Literasi melipiti aspek mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis,” lanjutnya.

Kepala dinas pendidikan kota Payakumbuh itu berharap atas apa yang dilihat dan diamati oleh rombongan tamu tersebut di SDN 11 Padang Kaduduk kiranya dapat menjadi salah satu bahan literasi bagi Kepala Sekolah yang berkunjung selain yang tentu saja tentang substansi Adiwiyata itu sendiri.

Acara kunjungan diakhiri dengan saling tukar cendera mata, dan kegiatan dilanjutkan untuk mengunjungi sejumlah objek sasaran Adiwiyata di SDN 11 Padang Kaduduak. Selamat untuk SDN 11 Padang Kaduduak kiranya keberhasilan ini menjadi inspirasi untuk berprestasi bagi sekolah lainnya,” ucap perwakilan rombongan dari kedua daerah tersebut.