Rangkaian Kegiatan Sumarak Kreatif 2021 Dinas Pariwisata Sumbar Resmi Berakhir di Hari ke Tiga



Payakumbuh, SagoNews.com - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat sukses menggelar sebuah kegiatan yang bertajuk seni daerah Sumatera Barat. Kegiatan itu dibalut dengan tema “Sumarak Kreatif 2021″. Berlangsung selama 3 hari berturut turut ( 10,11,12 ) Pada Bulan Desember 2021, berpusat di Agam Jua Art & Culture Cafe Kota Payakumbuh.

Sumarak Kreatif 2021 menampilkan beberapa atraksi dan kesenian, seperti Tarian Tradisional, Gamad , Dendang Minang Pasambahan Urang Awak dan Baju Kuruang Basiba Nagari yang dimiliki berbagai daerah yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Novrial melalui Sekretaris Dinas Taufik Ramadhan mengatakan bahwa dalam kegiatan Sumarak Kreatif 2021 di gelar memiliki tujuan , bagaimana mempromosikan kesenian daerah minang, sehingga menarik minat para wisatawan .

” Ada beberapa poin yang kita sampaikan dengan digelarnya Sumarak Kreatif 2021 ini. Dimana kegiatan ini , sebagai stimulus bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk bangkit dari masa pademi Covid 19. Dimana selama dua tahun, sangat minim kegiatan acara . Maka pada kesempatan ini, digelar sebuah kegiatan Sumarak Kreatif 2021. Dengan adanya kegiatan ini , semoga akan terbantu ekonomi yang selama ini terpuruk disebabkan oleh pandemi Covid 19″ ujar Taufik Ramadhan.

Seterusnya Taufik Ramadhan menyampaikan dengan kegiatan Sumarak Kreatif 2021 , menjadi ajang promosi minat wisatawan datang ke ranah minang atau Provinsi Sumatera Barat.

” Tentu dengan kegiatan ini akan menjadi sebuah ajang promosi untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat. Selain itu juga menjadi wadah berkreasi bagi pelaku ekonomi kreatif , ” imbuh Taufik Ramadhan.

Adanya kegiatan Sumarak Kreatif 2021 yang digelar oleh Dinas Pariwisata Sumatera Barat, mendapat respon positif dari salah satu pengunjung yang datang menghadiri kegiatan tersebut.

” Sungguh luar biasa kegiatan ini . Dimana menampilkan berbagai kesenian yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Selain itu kegiatan ini bisa dikatakan jarang ditemukan pada daerah lain di Luar Sumatera Barat. Sungguh mantap kegiatan ini , Saya suka sekali ,” ucap Rahmein.

Sumarak Kreatif 2021 yang berlangsung selam tiga hari berturut turut tersebut , menyuguhkan pesona ciri khas kesenian daerah Provinsi Sumatera Barat. Dimana dalam itu juga menerapkan protokol kesehatan.