Masuk 100 Ponpes Pilot Projek UMKM Kemenag RI, Al Kautsar dikunjungi Tim Monev Pusat



Lima Puluh Kota, SagoNews.com -- Tahun 2021 Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Muhammadiyah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, masuk dalam 100 Pondok Pesantren Pilot Projek Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari kementerian Agama RI. 

Dalam rangka inilah, Kasubdit Pendidikan Al Qur'an Kementerian Agama RI, H. Mahrus, melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren tersebut, pada Sabtu (18/12).

“Kunjungan ini dalam rangka Monitoring dan Evaluasi UMKM Pondok Pesantren Tahun 2021. UMKM Pondok Pesantren merupakan salah satu Program Prioritas Kementerian Agama Tahun 2021 di bawah pimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dengan Program UMKM, kita berharap Pondok Pesantren dapat mewujudkan Kemandiriannya”  ungkap Mahrus. 
 
Mahrus menambahkan, Pondok Pesantren sejak awal berdirinya memang  tumbuh dan berkembang atas swadaya masyarakat. Dengan adanya Program UMKM, Pondok Pesantren di harapkan semakin kuat dan lebìh mandiri.

Pimpinan Pondok Pesantren Al Kautsar Muhammadiyah Harau, Dafri Harweli, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari Kementerian Agama RI atas terpilihnya Pondok Pesantren Al Kautsar sebagai salah satu pilot Projek Program UMKM.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan ini. Sejak tahun 2015 Pondok Pesantren Al Kautsar memang memiliki perhatian yang besar terhadap pengembangan ekonomi Pondok Pesantren. Berbagai unit usaha mendiri telah kami dirikan untuk memenuhi kebutuhan Pondok Pesantren, seperti Rumah Makan (Pujasera), Minimarket, Poto Kopi, Laundry, Barber Shop, Galery Pakaian Muslim, depot air minum, kantin santri, dan kolam ikan dengan sistem Bio flok,” urai Dafri.

Selanjutnya Dafri menjelaskan bahwa, unit-unit usaha  didirikan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan warga Pondok Pesantren, tapi juga masyarakat di sekitar Pondok Pesantren. Bahkan Para musafir dan wisatawan pun ikut menikmati, karena memang letak Pondok Pesantren yang sangat strategis di Ibu Kota Kabupaten dan di pinggir jalan raya Sumbar-Riau.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kepala Bidang Papkis Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Rinalfi, dan Kepala Kankemenag Kabupaten Lima Puluh Kota, diwakili oleh Kepala Seksi PD Pontren H. Ifkar. Dari Pondok Pesantren Al Kautsar sendiri hadir M. Irdamsyah, Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al Kautsar, dan M. Fadhil, Manager Unit Usaha Pondok Pesantren Al Kautsar. (UD-Nauri/Nina).