Jelang Peringatan Peristiwa Situjuah Tahun 2013, Bakal Meriah dan Bertabur Penghargaan

Tugu Pejuang dan Kantor Wali Nagari Situjuah Batua


Limapuluh Kota, SagoNews.com - Peristiwa Situjuah 15 Januari yang rutin diperingati setiap tahun, sejak tahun 1952 sebagai mata rantai kemerdekaan Republik Indonesia, selalu dipersiapkan dengan matang.

Tahun ini undangan langsung diberikan oleh gubernur Sumatera Barat, sehingga peringatan hari perjuangan berdarah di Lurah Kincia, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari itu semakin meriah.

Wali nagari Situjuah Batua, DV. Dt. Tan Marajo mengatakan, "H-3 upacara 15 Januari persiapan sudah matang, terlihat bendera merah putih sudah berkibar di Kecamatan Situjuah, disertai dengan bendera adat. Sebagai bentuk menghargai dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur," ucap Dt. Tan Marajo.

Sejumlah tokoh juga bakal diberi penghargaan terutama keluarga para pahlawan, termasuk pejabat - pejabat pemerintah yang peduli dengan Situjuah, tokoh perantau, media massa dan pihak - pihak berjasa yang tak dapat dituliskan satu per satu.

"Pemberian penghargaan ini rutin setiap tahun, secara berkelanjutan. Pemberiannya berdasarkan musyawarah seluruh lembaga masyarakat yang ada," kata Dt. Tan marajo kepada redaksi, Kamis (12/01/2023).

Diperingati dengan Semangat Olahraga dan Budaya

Selain upacara dan tabur bunga, peringatan peristiwa Situjuah juga diiringi dengan berbagai macam kegiatan olahraga, seni dan kebudayaan.

Telah berlangsung pertandingan tenis meja dan akan berlangsung pertandingan sepak bola Wali Nagari Cup 2023, menghadirkan tim - tim terbaik Sumbar - Riau. Akan diadakan pada tanggal 16 - 31 Januari 2023.

Termasuk acara arak iriang dan makan basamo di lapangan bola Chati Sulaiman, tempat berlangsungnya upacara 15 Januari tersebut. (Red)