Kapolsek Tanjung Emas Jumat Curhat Bersama Masyarakat Koto Tangah




Tanah Datar, SAGONEWS.COM  -Program Jumat Curhat Polsek Tanjung Emas mendengar keluhan, Informasi, dan aduan Masyarakat di Kedai Pak Afrizal Jorong Koto Tangah Nagari Koto Tangah Kecamatan Tanjung Emas, Jum'at (10/02/2023).

Dalam giat Jum'at curhat Kapolsek Tanjung Emas IPTU Rudi Hartono, SH didampingi, Kanit Reskrim IPDA Sudirman, Kanit Binmas AIPTU Dony Frengky, Kanit Shabara AIPDA Taufik Paskah, Bhabinkamtibmas Nagari Koto Tangah BRIPTU Sandi Kurniawan, SH, Bhabinkamtibmas Nagari Tanjung Barulak BRIPTU Heru Subagya.

Kapolres Tanah Datar melalui Kapolsek Tanjung Emas Iptu Rudi Hartono, SH mengatakan Program Jumat curhat dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui informasi yang berkembang dimasyarakat.

" Tujuan Jum'at curhat adalah untuk  mengetahui informasi atau menerima aduan yang bisa segera ditindak lanjuti, serta menjalin silaturahmi kepada masyarakat dalam wilayah hukum Polsek Tanjung Emas," ujar Kapolsek.

Pada kegiatan tersebut Kapolsek menerima keluhan masyarakat dari berbagai kalangan tentang :
1. Permasalahan banyaknya Pelajar SMP Tanjung Emas dan Pelajaran MTsN Tanjung Emas yang pergi dan pulang sekolah menggunakan sepeda motor dengan kenalpot Blong dan ugal-ugalan dalam berkendara. 

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek  Tanjung Emas Iptu Rudi Hartono, SH dalam tanggapannya  menyampaikan,
1. Para pelajar baik itu Pelajaran SMPN 1Tanju Emas maupun Pelajar MTsN Tanjung Emas yang menggunakan kendaraan sepeda motor dengan menggunakan knalpot blong, Kapolsek Tanjung Emas beserta jajaran telah beberapa kali melaksanakan teguran dan penertiban kepada siswa-siswi yang menggunakan kendaraan agar melengkapi kelengkapan kendaraan sesuai standart dan akan melakukan koordinasi dengan Satuan Lalu-lintas Polres Tanah Datar untuk melakukan penertiban kedepannya. 

Polsek Tanjung Emas juga melakukan kerja sama dengan Kepala Sekolah untuk memberikan pelatihan PBB dan ekstrakurikuler Pramuka yang bertujuan agar Siswa-siswi SMPN1 Tanjung Emas dan MTsN Tanjung Emas dapat berprestasi. 

2. Permasalahan tentang penanggulangan dan Pencegahan agar Generasi Muda tidak terjerumus Narkoba, tanggapan Kapolsek terkait dengan penyalahgunaan Narkoba sangatlah penting peran serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Orang Tua dalam memberantas Penyalahgunaan Narkoba. 

Polsek Tanjung Emas akan berkoordinasi dengan Pemerintahan Nagari Pagaruyung untuk mengambil langkah-langkah Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba. Seperti memberikan Penyuluhan tentang Narkoba atau membuat Kegiatan-kegiatan Positif yang dapat menghindarkan Masyarakat khususnya generasi Muda dalam menggunakan Narkoba. 

3. Permasalahan tentang Kenakalan Remaja dan Penyakit Masyarakat yang marak terjadi dalam hal ini tindak asusila. 
Tanggapan Kapolsek melalui Kanit Reskrim menyampaikan, Dalam hal ini sangat penting peranan Alim Ulama, Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan Tokoh masyarakat untuk memberikan himbau kepada masyarakat khususnya Pemuda dan Pemudi untuk menjauhi perbuatan zina. 

4. Terkait permasalahan hukumnya untuk perbuatan zina, dalam kitab Hukum Pidana yang dapat diproses dalam hukum apabila korban Anak di bawah umur atau seorang Perempuan yang telah bersuami dan atau seorang laki-laki yang telah beristri. Dengan diawali Laporan Polisi selanjutnya akan ditindak lanjuti.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut
Ketua Pemuda Jorong Koto Tangah Ade Oskar, Tokoh Masyarakat Eka Elfiandi,  Ninik Mamak serta Masyarakat Jorong Koto Tangah.