Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Arti Minal Aidin Wal Faizin




SagoNews.com ~ Tulisan ringan ini perlu diluncurkan redaksi sebab adanya kesalahan arti dan penafsiran, kata Minal Aidin wal Faizin selalu diucapkan setiap lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha, biasanya diiringi dengan kata Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Sehingga disinyalir telah terjadi salah penafsiran, bahkan sering dijumpai kata Minal Aidin Wal Faizin sebagai bentuk permohonan maaf seseorang. Misalnya seperti ini, "Minal Aidin Wal Faizin, Selamat Idul Fitri 1444 H."

Ucapan tersebut tak sedikitpun menggambarkan permohonan maaf dari seseorang, sebaliknya justru mengandung motivasi. Minal Aidin Wal Faizin merupakan bahasa Arab, arti sesungguhnya adalah Dari Kesucian Menuju Kemenangan.

Jika ditafsirkan lebih lanjut, kata Minal Aidin Wal Faizin adalah perwujudan dari janji Allah SWT kepada hamba nya, yang sungguh - sungguh dan penuh perhitungan dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan .

Sehingga hamba tersebut kembali suci (fitrah) untuk selanjutnya meraih kemenagan pada 11 bulan lainnya. Kendati demikian ucapan Mohon Maaf Lahir dan Bathin juga diperlukan, agar seorang hamba Allah dapat melengkapi kesuciannya. (Red)