Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Berkomitmen Menurunkan Anemia Ibu Hamil di Kabupaten 50 Kota




Oleh: Risti Kurnia Dewi, S.Gz., M.Si

SagoNews.com ~ Anemia pada ibu hamil saat ini masih menjadi masalah di Sumatera Barat utamanya di Kabupaten 50 Kota. Anemia pada ibu hamil harus diatasi karena berdampak buruk baik bagi ibu hamil sendiri maupun bayi yang dikandung. Ibu hamil yang mengalami anemia berisiko mengalami perdarahan dan mengalami kematian saat persalinan. Sementara bayi yang lahir dari ibu hamil anemia berisiko tinggi mengalami BBLR dan stunting. 

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam mengatasi masalah anemia pada ibu hamil melalui pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa pelatihan Emo-Demo kepada kader kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Koto Baru Simalanggang Kabupaten 50 Kota. 

Pada kesempatan ini disampaikan materi ATIKA Sumber Zat Besi dan Harapan Ibu untuk meningkatkan kesadaran akan dampak buruk anemia pada ibu hamil dan bagaimana upaya pencegahannya. Kegiatan ini diketuai oleh Risti Kurnia Dewi, S.Gz., M.Si yang menggandeng Asosiasi Fasilitator Emo-Demo Provinsi Jawa Timur sebagai fasilitator pelatihan beserta Puskesmas Koto Baru Simalanggang Kabupaten 50 Kota sebagai mitra. 




Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menurunkan angka kejadian anemia pada ibu hamil di Kabupaten 50 Kota dan lebih lanjutnya juga diharapkan dapat menurunkan angka kejadian stunting sehingga Kabupaten 50 Kota dapat keluar dari Lokus Stunting. 

Info Layanan Iklan : 082387120624 (Fadhli)