Gema Tahfiz di Buluah Kasok, Bukti Program Unggulan Bupati Sukses

Momen bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo dan Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya Dt, terpana mendengar lantunan ayat suci Alqur'an (dok. Sagonews)



Limapuluh Kota, Sagonews.com - 

Di Jorong Buluah Kasok, Nagari Sarilamak yang berbatasan langsung dengan Provinsi Riau itu, gema tahfiz dari anak - anak cilik terdengar. _'Abasa watawalla,,, dan seterusnya_, merdu benar siswi - siswi SDN 04 Buluah Kasok Sarilamak, melantunkan surat 'Abasa itu.

Bahkan di Jorong terluar pun gema tahfiz menjadi - jadi, sejak dipimpin bupati niniak mamak H. Safaruddin Dt Bandaro Rajo, sekolah - sekolah SD dan SMP mulai memasukkan Hafiz dan BAM ke dalam mata pelajaran. Ikut menyukseskan program tahfiz di Limapuluh Kota.

Ini merupakan kunjungan ke lima Tim 1 Safari Ramadhan (TSR) ke daerah pinggiran Limapuluh Kota, sebelumnya bupati dan rombongan telah melakukan kunjungan ke Jorong Ampanggodang Nagari Maek, Kecamatan Bukik Barisan. Kemudian ke Jorong Ekorparit Nagari Limbanang, Kecamatan Suliki. Jorong Siamangbunyi, Nagari Kubang, Kecamatan Guguak. Jorong Pauahsangik, Kecamatan Akabiluru dan malam ini di mesjid Al-Ikhlas Jorong Buluah Kasok Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau.

Semuanya memiliki anak - anak penghafal al-qur'an (Tahfiz/ah). Disaksikan langsung oleh ratusan masyarakat dan rombongan TSR, bahwa progran tahfiz di Limapuluh Kota benar - benar berjalan. Wajar saja jika kabupaten ini berhasil pula menjadi juara 1 MTQ tingkat Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, kami dari pemerintahan nagari Sarilamak, mengucapkan terimakasih kepada bupati dan rombongan serta stakeholder lainnya, kami di Sarilamak merasakan program dan visi - misi pemerintah daerah berjalan," ucap wali Nagari Sarilamak, Olly Wijaya Dt. 

Hanya saja, menurut Wali Nagari sinergi dan kolaborasi pemerintah daerah, pemerintah nagari, sekolah dan masyarakat masih perlu ditingkatkan lagi melalui bantuan - bantuan untuk masyarakat. Seperti pembangunan jalan, jembatan dan fasilitas umum lainnya.

Gayung bersambut, bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo juga mengucapkan terimakasih atas dedikasi wali nagari, kepala sekolah, guru - guru dan guru ngaji di Buluah Kasok. "Insyaa Allah, melalui dinas terkait akan terus kita tingkatkan pembangunan - pembangunan di Buluah Kasok dan Sarilamak," ucap bupati Safaruddin.

Ia mengucapkan, "telah ada pembangunan jembatan di Buluahkasok, pembangunan jalan segera kita usulkan melalui dinas PUPR dan pembangunan sekolah juga kita usulkan ke dinas pendidikan," ucap bupati.

Orang nomor 1 di Kabupaten Limapuluh Kota itu, juga menyerahkan bantuan untuk mesjid al-ikhlas sebanyak Rp. 20juta, santunan anak yatim dan anak - anak hafiz/ah. Termasuk menambah pembangunan jamban (WC) masyarakat dari awalnya 5 untuk Jorong Buluahkasok, menjadi 10. 

Hadir dalam TSR itu, Kepala Bapelitbang Gusdian Laora, Kepala Badan Keuangan Win Hari Endi, Kepala Dinas Pertanian Witra Porsepwandi, Kepala Baznas, Yulius, Kepala Bagian Umum, Irwandi, Kepala Dinas PUPR Nopriyadi Syukri, kepala BPJS Ketenagakerjaan Ibu Desi, Kepala protokoler, Kabid GTK Dinas Pendidikan Harneti, Kakan Kemenang Limapuluh Kota, camat Harau, Suliki dan Kapur IX, anggota DPRD terpilih dapil Harau Payakumbuh Defrianto Ifkar.

Turut Hadir Ketua TP PKK Ny Nevi Safaruddin,  kepala KUA Kecamatan Harau, KAN dan Bamus Sarilamak, Wali Nagari Bukiklimbuku, mantan wali nagari Sarilamak, Budi Febriandi, awak media dan tokoh lain yang tak dapat ditulis satu per satu. 

(Fadliriansyah Sikumbang)