Dibuka Bupati, Kegiatan PAUD Tutup Tahun 2023/2024 se-Kecamatan Luak Berlangsung Semarak




Limapuluh Kota, SagoNews.com -- 

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo mengatakan, kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan produktif ditentukan pada awal masa pertumbuhan anak. Pada usia dini otak berkembang dengan sangat cepat da­lam menerima dan me­nyerap segala sesuatu yang dilihat, didengar, dan dirasa oleh anak-anak. Perkembangan anak usia dini harus dilakukan secara holistik dan integratif untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling berkaitan secara simultan, sistematis dan terintegrasi.

"Terselenggaranya kegiatan ini tidak hanya jadi sarana anak usia dini unjuk kebolehan dan meningkatkan kreatifitas, tetapi harus menjadi salah satu upaya untuk me­ningkatkan kesadaran dan partisipasi keluarga dan masyarakat akan pentingnya program pendidikan usia dini," ucap Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo pada saat membuka kegiatan tutup tahun ajaran 2023/2024 tingkat Kecamatan Luak yang diselenggarakan PKG (Pusat Kegiatan Gugus) PAUD Kecamatan Luak, Rabu, (29/05/2024). Diselenggarakan di Halaman Kantor Wali Nagari Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang (Sitapa).

Acara yang berlangsung meriah tersebut turut dihadiri Bunda PAUD Limapuluh Kota Nevi Safaruddin, Camat Luak Abrar, Kepala Disdikbuk yang diwakili Kabid PAUD Wandi dan diikuti oleh 400an siswa PAUD dari empat Nagari di Kecamatan Luak.

Didampingi orang tua dan guru PAUD, para siswa tersebut terlihat bersemangat dalam mengikuti berbagai macam lomba diantaranya, mewarna, lomba tahfidz, baju kuruang basiba, baju taluak balango, dan sejumlah lomba lainnya.

"Generasi muda merupakan aset bangsa yang harus dijaga, dirawat dan diarahkan dengan penuh kasih sayang. Melalui kegiatan ini Bupati Safaruddin berharap dapat menjadi ruang bagi anak untuk mendapat ilmu pengetahuan serta memiliki sifat Akhlakul Karimah dalam mewujudkan Indonesia emas 2045," ucap Bupati Safaruddin di bagian lain sambutannya. Lebih lanjut ia sangat berterimakasih kepada guru-guru PAUD yang telah membimbing serta memberikan ilmu pengetahuan sebagai upaya meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan. Semoga anak-anak ini akan menjadi generasi yang cerdas, berkarakter serta memiliki akhak yang baik.

Bupati Safaruddin juga meminta para orang tua membimbing dan mendidik anak dengan kasih sayang, jangan keluarkan kata-kata tidak senonoh ke anak dan jadikan rumah jadi madrasah dalam mendidik anak-anak

Selain itu ia berharap kepada semua pihak untuk dapat berperan dan bersinergi dalam memberikan pelayanan pendidikan secara optimal kepada anak.“Sesuai visi, upaya membangun karakter anak merupakan sebuah kewajiban berkelanjutan yang hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang. Pemenuhan hak-hak anak di masa sekarang merupakan jaminan atas ketersediaan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas di Kabupaten Limapuh Kota”, imbuhnya.


Sebelumnya Bunda PAUD Lima Puluh Kota Nevi Zulvia mengapresiasi penuh penyelenggaran acara kegiatan tutup tahun ajaran 2023/2024 seluruh PAUD se-Kecamatan Luak. Tidak hanya itu, Ia turut mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota atas atensi besar yang ditunjukkan oleh Bupati Lima Puluh Kota.
"Diharapkan kegiatan ini mampu menghasilkan siswa-siswi PAUD yang maju, bermartabat, berkarakter, berakhlak mulia, menyenangi alquran, membumi, mehami, dan mengamalkan Al-Qur'an hingga dewasa nanti," ucapnya.