Latihan Kader III (Advance Training) BADKO SUMBAR





Oleh : Meli Fitri Yani
Jum'at, 10 Mei 2024 13:00

Padang, SagoNews.com - 
Latihan Kader III (Advance Training) merupakan salah satu pelatihan formal HMI sebagai wadah untuk membentuk calon pemimpin. Pada pelatihan ini, anggota HMI yang telah lulus Latihan Kader II dan berniat  mendedikasikan diri untuk menjadi seorang pemimpin yang akan ditempa hingga memiliki kapasitas menjadi seorang pemimpin. LK III melatih diri dalam hal pemahaman wawasan secara global serta kesungguhan untuk meluruskan pemahaman masyarakat yang keliru tentang Islam dan misi HMI.

Kemampuan-kemampuan tersebut seyogianya tertanam dalam diri seorang pemimpin sebagai teladan, khususnya pada diri Sendiri.
Tujuan LK III adalah: Terbinanya Kader pemimpin yang mampu menerjemahkan dan mentransformasikan konsepsional secara profesional dalam gerakan perubahan sosial.

Untuk membentuk pribadi yang berkualitas insan cita, sehingga kader HMI mampu berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berjuang untuk mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah subhanahu wa ta’ala. Pelatihan ini dirancang untuk membentuk jiwa pemimpin yang dapat membentuk kader pemimpin demi mewujudkan cita-cita HMI tersebut.

Peserta LK III sebagai representasi dari calon pemimpin HMI akan berproses dalam forum pelatihan ini. Sehingga kuantitas dan kualitas mereka harus mumpuni untuk menyerap ilmu yang disampaikan tanpa mengganggu konsentrasi peserta lain. Dengan demikian, maka jumlah peserta efektif ada 31 orang,  dari Sabang - Merauke. Peserta dari Aceh - Papua.
Sehingga nama Forum ini Kami Sebut Forum PIN 31 ( Pemuda Intelegensi Nusantara 31).

Disamping itu peserta akan dapat mengikuti proses pelatihan dengan reaksi dan interaksi yang memiliki probabilitas tinggi untuk terbentuknya pemimpin berkualitas, serta memiliki cakrawala yg luas secara global. Sejatinya seorang pemimpin mampu mengimplementasikan dirinya dengan Iman, Ilmu, dan Amal. Yakin Usaha Sampai.

Penulis: Peserta LK III BADKO SUMBAR