Penundaan Pilkada Adalah Langkah Yang Tepat Demi Menyelamatkan Manusia


Limapuluh Kota, SagoNews.com - Kandidat bakal calon bupati Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) mendukung dan mengapresiasi langkah - langkah yang diambil oleh pemangku kepentingan, seperti Kementrian Dalam Negeri, Bawaslu RI, KPU RI dan DPR RI terkait penundaan Pilkada dengan 3 opsi.

Adapun opsi pertama, Pilkada ditunda sekitar 3 bulan hingga jatuhnya pada 9 Desember 2020. Opsi ke dua Pilkada ditunda hingga 6 bulan, pemilihan berlangsung pada tanggal 17 Maret 2021 dan opsi ke tiga, Pilkada ditunda hingga 12 bulan yaitu pemilihan serentak akan diadakan pada 29 September 2021.

Jika hal itu benar terjadi, maka kepala daerah akan digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) dan ada beberapa perombakan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Sesuai dengan itu tahapan - tahapan lain dalam Pilkada otomatis juga ditunda.

Namun bagi Rizki Kurniawan Nakasri, keselamatan warga di atas segalanya. Tentu saja ia berharap dan mendukung kebijakan - kebijakan penundaan Pilkada, hingga kondisi kesehatan seluruh masyarakat benar - benar terbebas dari ancaman corona virus disease (Covid-19).

"Jika keselamatan manusia dipentingkan, maka ekonomi, pendidikan dan lain - lain juga akan baik. Jadi keputusan yang telah diambil oleh pemangku jabatan kita adalah suatu langkah yang tepat, perlu dipatuhi bersama - sama," kata RKN via whatsapp.

RKN menambahkan, penundaan Pilkada juga akan membuat pelaksanaannya nanti akan semakin menarik, karena tidak ada lagi yang namanya incumbent, "masyarakat akan lebih objektif lagi menilai dan menentukan pilihan terhadap kandidat - kandidat," katanya, Selasa (31/3).

Terpisah seorang Uni - Uni Relawan RKN bernama Meldawati dengan spontan memberikan semangat kepada relawan lainnya, sesaat setelah mengetahui ada aturan mengenai penundaan Pilkada serentak, Senin malam (30/3).

Aturan yang berhembus akibat serangan wabah virus corona itu, sudah tersebar di grup - grup whatsapp dan media sosial lainnya. Nampaknya bisa diterima oleh segala lapisan masyarakat, karena masifnya himbauan - himbauan pencegahan penyebaran virus corona.

Diakhir pernyataan kepada media ini via whatsapp, Meldawati mendo'akan semoga bencana virus corona segera berlalu. (frp)