5 Produk UMKM 50 Kota Ini Patut Dicoba Saat Berbuka dan Lebaran

Ilustrasi foto oleh SagoNews.com

SagoNews.com - Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatra Barat mempunyai UMKM - UMKM yang potensial untuk mendunia, karena unik - unik, bermanfaat, tahan lama dan harga yang relatif murah. Berikut redaksi ini merangkum produk - produk apa saja yang wajib dibeli dari pelaku UMKM 50 Kota.

1. Rubik Ganepo
Rubik ganepo merupakan produk olahan dari ubi, berbentuk dadu, berwarna kuning dan rasanya empuk. Sentra penghasilnya ada di Nagari Padang Kandih, Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota. Uniknya, selain dari ubi juga ada produk olahan rubik ganepo dari pisang. Penasaran?

Hubungi Pak Eri Akong 0853-7646-7899 (Ketua Forum / Owner Ganepo 99) atau Uni Ninda 0813-6326-3231 (pisang ganepo).

2. Kue Sagun Bakar

Sagun bakar merupakan kudapan dari kue kering, ukurannya yang kecil - kecil layak dinikmati bersama keluarga. Biasanya menjadi hidangan utama saat hari raya atau saat ada pesta pernikahan, rasanya yang gurih menjadikan obrolan bersama keluarga jadi lebih Nikmat. 

Menurut salah seorang pemilik usaha sagun bakar dengen merek Amakami, Yusmanita Zainul, yang beralamat di  Ampang Gadang Tujuah Koto Talago Kecamatan Guguak, kelebihan produk sagun bakar miliknya, "bahan berkualitas, garing dan renyah, tanpa pemanis buatan, dibakar dengan tungku kayu. Sedangkan untuk harganya relatif murah, 40ribu rupiah per toples, 15ribu dengan kemasan pouch 150gram dan kemasan plastik susun 18ribu rupiah."

Jika tertarik dapat dipesan di 081261298343 (Amakami). Selain produk sagun bakar itu, juga ada produk lainnya seperti di Sarilamak, Tanjungpati, dengan merek sagun bakar Cecillia, dapat juga ditemui di toko online atau pun tempat penitipan oleh - oleh di Sumatra Barat.

3. Rakik Kacang
Keripik kacang sejenis peyek ini merupakan primadona, setidaknya bagi penulis. Rakik kacang terbuat dari tepung, santan dan kacang pilihan. Rasanya sungguh nikmat, pembaca mungkin juga telah merasakannya. Namun di Kabupaten Limapuluh Kota, banyak ditemui rakik kacang dengan ukuran besar dan jumlah kacangnya lebih banyak. Diantaranya, rakik kacang dengan merek Hikmah.

Menurut pemilik usaha rakik kacang Hikmah, Nur Indra, omsetnya relatif turun karena pandemi covid-19. Ia berharap produknya dapat dipesan online, harga yang ditawarkan relatif murah yaitu 20ribu per bungkusnya. Nomor HP Nur Indra 0822-8614-7491.

Hal senada juga diungkapkan oleh produsen rakik Clarissa di kawasan Lembah Harau, keterbatasan akses membuat omsetnya ikut menurun. Clarissa, selain memproduksi rakik kacang juga memproduksi rakik maco, kacang tujin dan aneka keripik lainnya. Ownernya juga dapat dihubungi di 0823-9070-2352 (Via).

4. Produk Olahan Jahe
Dimasa pandemi covid-19 produk olahan jahe sangat dibutuhkan, karena bermanfaat untuk melapangkan pernafasan, mencegah flu dan menghangatkan tubuh. Di Kabupaten Limapuluh Kota sendiri sudah ada 3 buah sentra produksi yang direkomendasikan.

Ada produk Jahe Merah kelompok dasa wisma Flamboyan, jahe merah Rendang Situjuah dan jahe merah Rumah AdZ. Semuanya telah layak produksi, dengan adanya izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Untuk harga mereka juga telah seirama, rata - rata 20ribu rupiah per 100gram nya.

Berikut nomor HP yang bisa dihubungi oleh pembaca,
Ninda Rumah AdZ 0813-6326-3231
Sesniati Flamboyan 0823-8468-9290
Nissa Rendang Situjuah 0822-2561-7802

5. Kopi Murni
UMKM di Kabupaten Limapuluh Kota juga telah ada memproduksi kopi specialty, murni tanpa bahan campuran apa - apa, rasanya enak dan nyaman di mulut hingga perut. Yang paling unik adalah Sago Green Coffee, sudah mendunia dan teruji khasiatnya untuk menurunkan berat badan. Selain itu juga ada kopi hitam murni dengan merek Sago Roasted Coffee, Kopi Luli, Serboek Sari, Denai Coffee, Kopi Randang Baduo, KopTam dan banyak lagi. 

Soal kopi, bisa konsultasi dengan Fadli 082387120624 nanti diarahkan ke kopi pilihan pembaca. (frp)