Dandim 0307 Tanah Datar Bersiap Hadapi Fenomena Alam Berpotensi Bencana Alam di Akhir Tahun



Tanah Datar, SagoNews.com —  Komandan Kodim 0307 kabupaten Tanah datar, Letkol Infanti Wisyudha Utama diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Inf Munawar, mengikuti acara apel siaga penanggulangan bencana di wiilayah kerjanya kabupaten Tanah datar. Kegiatan berlangsung di depan gedung Promosi Jalan MT Haryono Batusangkar (10/11/2020).

Dalam apel siaga tersebut,  PJS bupati Tanah datar, Erman rahman yang langsung memimpin upacara menyampaikan amanatnya bahwa" Tanah datar melaksanakan apel tersebut  atas instruksi pemerintah dan mabes Polri dalam menyikapi dinamika situasi saat ini, serta adanya ancaman dari fenomena bencana alam yang berpotensi menimbulkan bencana alam di wilayah kabupaten Tanah datar. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa prediksi fenomena bencana alam akan berdampak pada 27,5 persen wilayah Indonesia. Termasuk beberapa Wilayah di Sumatera," terangnya. 

Erman Rahman menambalan lagi lagi bahwa, " Fenomena iklim untuk Sumatera barat memiliki pengaruh yang harus diwaspadai, mengingat fenomena tersebut berlangsung seiring dimulainya musim penghujan pada bulan Oktober 2020 hingga bulan Maret 2021 nanti, yang akan memicu peningkatan curah hujan 20 hingga 40% lebih tinggi dari biasanya sehingga dapat berakibat terjadinya banjir dan longsor.Kepada seluruh petugas baik itu dari TNI, POLRI, Petugas Penanggulangan Bencana Daerah, Petugas Pemadam Kebakaran, Basarnas, Satpol-PP, agar tetap siaga dan memastikan peralatan sudah siap siaga setiap saat,” terangnya lagi. 

Erman mengimbau kepada seluruh instansi terkait untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pananggulangan dan langkah antisipasi bencana alam ini,seperti yang disampaikan "Upaya penanggulangan dan antisipasi bencana alam ini, tidak dapat dilakukan secara parsial masing- masing pihak, namun perlu adanya kerjasama yang baik antara seluruh stakeholder. Oleh karenanya, kepada seluruh pemangku kepentingan kami instruksikan agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun baik selama ini,” terang Erman.
(JP)