Angkat Tenun Kubang, Ketua Bhayangkari 50 Kota Diberi Penghargaan Kemenkop UMKM


Limapuluh Kota, SagoNews.com ~ Ketua Bhayangkari cabang Polres Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko menerima penghargaan dari Kementrian Koperasi dan UMKM atas terpilihnya sebagai Pemenang Favorit Cerita Wastra pada kompetisi Foto Kain Tradisional Indonesia. Penghargaan itu diberikan oleh bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi didamping Ny Monalisa Irfendi Arbi, Senin (25/1).


Penghargaan itu dalam rangka mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya bangsa, serta membangkitkan usaha pengrajin kebaya dan Wastra Nusantara di masa pandemi , Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan Kompetisi Foto Daring Kebaya dan Kain Tradional Indonesia tahun 2020 lalu, yang bertajuk Cerita Wastra.

Pada kompetisi tersebut Ketua Bhayangkari Cabang 50 Kota Ny.Maya Trisno Eko berhasil memangkan ajang ini sebagai Pemenang favorit dengan menggunakan Kain Tenunan Kubang yang khas dari Luak Limopuluah sebagai kostum diajang tersebut.

Adapun kostum Tenunan Kubang ini diproduksi oleh Ibu Dewi Reni, pensiunan guru SMA N 1 Kecamatan Suliki beserta tim nya yang dibawah binaan Dekranasda Kabupaten Lima Puluh Kota, yang dipimpin oleh Ibu Monalisa Irfendi Arbi.

Pada kesempatan itu penyerahan penghargaan kepada Ny. Maya Trisno Eko juga didampingi oleh Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso,S.I.K , diserahkan langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota Bapak Ir.H.Irfendi Arbi,MP yang didampingi oleh Ibu Bupati Lima Puluh Kota Ibu Monalisa Irfendi Arbi sekaligus ketua Dekranasda Kabupaten Lima Puluh Kota dan Ketua Bhayangkari Cabang Kota Payakumbuh Ny. Rini Alex serta turut dihadiri oleh Kadis se lingkungan Kab.Lima Puluh Kota.

Turut mendampingi perwakilan organisasi PKK, Gabungan Organisasi Wanita dan Dharma Wanita, Bundo Kanduang, Pelaku Usaha UMKM dan OPD terkait Kab.Lima Puluh Kota yang diawali dengan pembukaan oleh Plt Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota Ibu Ayu Mitria Fadri.

Bupati Lima Puluh Kota Bapak Ir.H.Irfendi Arbi,MP menegaskan “Kita sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini, yang mana selain dari partisipasi pada pelombaan, juga bisa sebagai promosi dari hasil kerajinan khas Kabupaten Lima Puluh Kota pada tingkat Nasional.”

Sementara itu Ny Monalisa Irfendi Menyampaikan Melalui kompetisi foto yang mengangkat tema Aku dan Kain, tema ini dapat memberikan apresiasi kepada masing – masing individu, terhadap nilai-nilai tradisi, dan budaya melalui wastra yang digunakan, serta bentuk pelestarian budaya yang mengandung nilai historis, serta filosofis kehidupan yang agung dan luhur, perlu kita jaga dan tingkatkan di masa kini, bagi generasi muda pada umumnya.

Ketua Bhayangkari Cabang 50 Kota Ibu Ny. Maya Trisno Eko juga menyampaikan “Terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh Bapak Bupati beserta Ibu Ketua Dekranasda kepada Bhayangkari Cabang 50 Kota, semoga prestasi ini dapat menjadi penyemangat di kegiatan-kegiatan berikutnya yang akan datang,” kata Ny.Maya Trisno Eko. (Rel)