Tips Belanja Online Secara Langsung (Bukan Marketplace)

Fadli Riansyah Putra
Penulis / Penggiat UMKM 


SagoNews.com ~ Perilaku belanja online (daring) nampaknya sudah mulai melekat di kehidupan masyarakat, alasannya mudah mendapatkan barang yang diinginkan, baik secara spesifikasi produk maupun hemat waktu dan tenaga, karena barang yang dipesan bisa langsung diantar sampai rumah melalui jasa ekspedisi.

Belanja online di marketplace kita diberikan jaminan kalau barang tidak sampai sedangkan uang sudah disetor ke marketplace maka bisa dikembalikan, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku tentunya. Jadi, sebelum belanja di marketplace pastikan dulu aturan kebijakan pelanggan di masing - masing marketplace yang sudah menjamur saat ini.

Kelemahan lain di marketplace adalah, kadang ditemukan barang yang tidak sesuai spesifikasi di marketplace dengan yang diterima. Untuk hal tersebut marketplace tidak memberikan jaminan, hanya pemilik barang yang mungkin bisa diminta tanggung jawabnya.

Selain itu belanja online secara langsung ke produsen, agen, reseller atau dropshiper memungkinkan kwalitas barang terjaga, karena kita langsung komunikasi dengan pemilik barang. Tapi meskipun begitu, sering juga terlihat pembeli yang kecewa karena kwalitas atau layanan yang tidak sesuai.

Adapun tips untuk membeli barang dengan online secara langsung adalah, pastikan menjalin komitmen kwalitas dengan penjual, buat semacam kesepakatan kalau barang yang diterima tidak sesuai maka bisa dikembalikan. Atau bisa diadukan kepada Lembaga perlindungan konsumen.

Sedangkan untuk transaksinya, usahakan membayar setelah yang punya produk mengirimkan resi (bukti pengiriman). Sehingga pembeli jadi punya jaminan barang akan dikirim dan penjual jadi bertanggung jawab untuk segera mengirimkan produknya. Tapi jika rekening si penjual merupakan rekening perusahaan atau berbadan hukum, boleh langsung dikirimkan.

Jasa ekspedisi terpercaya JNE malahan memberikan jaminan untuk keamanan barang dengan nilai barang melebihi 10 kali ongkir (barang mewah atau sensitif - red) agar diasuransikan. Biaya asuransi juga sangat murah yaitu hanya 0.2% dari harga barang dan barang yang diasuransikan sebelumnya juga pastinya di cek oleh petugas JNE kondisi fisik dari barang tersebut.

Sebenarnya antara marketplace dan online via admin, memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Agar waspada dan hati - hati dalam setiap transaksi, itu perlu. Kemudian usahakan berbelanja kepada orang terdekat, orang yang kita kenal dan di toko yang terpercaya.