Warga Muaro Paiti Terima BLT

Warga menerima BLT dari Pemerintah, disalurkan oleh PSM


Limapuluh Kota, SagoNews.com - Upaya membantu warga melalui program pro rakyat pemerintah, terhadap warga terdampak Covid-19, terus digulirkan Nagari Muaro Paiti melalui Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Bertempat di Kantor Wali Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, sejumlah warga terlihat menerima Bantuan Lansung Tunai (BLT). Hal itu terlihat dari postingan Zandra Mukapur, PSM disana, Kamis (08/04).

Menurut Zandra, sebanyak 20 orang warga yang dipimpin oleh wali nagari Muaro Paiti, Marsis, S.Pd, M.Pd, telah menerima BLT.
"Semenjak Virus Covid 19 melanda negara kita ini, ada beberapa kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk membantu perekonomian masyarakat yang kurang mampu. Saat ini alokasi anggaran dana desa bisa menjadi bantuan sosial (bansos) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT)," ucap Zandra kepada media ini, Jum'at siang (09/04).

Menurutnya, bantuan itu merupakan kegiatan penanganan dampak virus Corona yang memberikan efek negatif terhadap perekonomian kita khususnya masyarakat yang berada di Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX.

Kebijakan tersebut di perkuat dengan tertuangnya dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 40/PMK.07/2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa.

Bantuan itu di berikan Terutama untuk masyarakat yang mengalami kerawanan akibat Covid-19 [Lansia], yang memiliki penyakit berobat rutin dan masyarakat kurang mampu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial (Kemensos). 

"Hari ini kita coba berbagi, Semoga bisa mmberikan arti serta bantuan yang di berikan kepada ini bisa bermanfaat lebih untuk masyarakat itu sendiri. Salam terus berbagi dan Berinovasi untuk Nagari Muaro Paiti," pungkas Zandra Mukapur. (Red)