Gelar Kegiatan Sosial, HUT PPNI Dihadiri Sejumlah Pihak




Payakumbuh, SAGONEWS.COM --  Setiap tanggal 17 Maret, segenap perawat seantero nusantara memperingati hari ulang tahun (HUT) Persatuan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Tidak ketinggalan pengurus PPNI Kota Payakumbuh ikut memperingati dengan menggelar kegiatan sosial, yakni penyuluhan tentang stunting dan donor darah di lapangan Medan nan bapaneh, Ngalau indah, Kota Payakumbuh, Kamis (16/7/2023).

Peringatan ke 49 tahun itu, dihadiri berbagai pihak. Terlihat, Wawan Sofianto, SKM. M.Si kepala dinas kesehatan, Kota Payakumbuh. Juga hadir, Kapolres Payakumbuh diwakili Kasidokkes, Iptu Arsadi, A.Md.Kep, dan Ba Tuud Koramil 01/Payakumbuh Pelda Anwar Sanusi. Selain itu, tampak juga Kasi pelayanan medis RSUD Adnaan WD, dr.Wahyu Kurniati, serta Denitral, Kabid Rehab Rekon BPBD Kota Payakumbuh.

Dalam acara peringatan HUT PPNI itu, terlihat juga  Afif Nugraha, dari Kalbe Nutrisional Morinaga. Bidang organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Payakumbuh, dr. Yanti. Serta Anggota PPNI se-Kota Payakumbuh, perwakilan dari RSUD dr Adnaan WD, Rumah Sakit Yarsi, Dinas Kesehatan, Puskesmas, RSKIA Sukma Bunda, dan RSKIA Annisa.

Pantauan media ini, dalam sambutan Pj. Walikota Payakumbuh, Rida Ananda yang diwakili Wawan Sofianto, selaku kepala dinas kesehatan mengucapkan selamat HUT PPNI ke -49 dan menekankan, hendaknya perawat di Kota Payakumbuh meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan pekerjaan. Ia mengharapkan perawat amanah dalam mengemban tugas. 




"Saya ucapkan selamat HUT PPNI. Semoga dihari ulang tahun PPNI ke 49 ini, perawat menjadikan momentum untuk meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. Mampu melayani kesehatan masyarakat Kota Payakumbuh dengan sebaik-baiknya, dan mengemban amanah dengan baik sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran perawat," ungkapnya.

Sementara itu, Ns. Yulia, S.Kep ketua DPD PPNI Kota Payakumbuh sepakat dengan apa yang disampaikan kepala dinas kesehatan bahwa, perawat wajib meningkat profesionalisme dalam bekerja. Yulia juga menyampaikan, PPNI berkomitmen mendukung program pemerintah kota di bidang kesehatan. Yaitu memberantas stunting.

"Perawat berkomitmen mendukung program pemko di bidang kesehatan. Hari ini kami memperingati HUT PPNI dengan menggelar penyuluhan tentang stunting pada masyarakat, sebanyak 24 orang yang diwakili oleh 8 wilayah kerja Puskesmas se- Kota Payakumbuh. Kami juga memberikan sedikit bantuan pangan untuk meningkat gizi pada Balita," terang Yulia.

"Selain penyuluhan stunting, kami juga menggelar donor darah, kerjasama dengan TNI dari Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti. Pak Letda Ckm Sodikin, dan kawan-kawannya membantu kami, ikut donor darah. Serta UTDRS RSUD Adnaan WD ikut membantu, dan anggota PPNI serta masyarakat berpartisipasi hari ini donor darah," tambah Yulia.

Dalam kesempatan itu, Yulia menyampaikan, "perawat selalu berusaha meningkatkan profesionalisme. Sebagaimana tema yang diusung hari ini, gapai sejahtera dengan profesionalisme. Kami juga berusaha dicintai masyarakat, dan mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik pada masyarakat. Namun, kami juga berharap pengambil kebijakan juga memperhatikan kesejahteraan perawat," tutup Yulia.

Akhir kegiatan, HUT PPNI ke 48 ditutup dengan pelepasan balon ke udara. Pita digunting oleh kepala dinas kesehatan, dikelilingi oleh anggota PPNI, dan disaksikan oleh tamu undangan serta seluruh yang hadir. (41642372)