Catatan Perjalanan Hari Pertama Delegasi Sua Pemuda dari Kota Payakumbuh

Delegasi Payakumbuh : Fadliriansyah Sikumbang & Laurencia de Richo


Pekanbaru, Sagonews.com - 

Hari pertama Sua Pemuda rangkaian acara APEKSI, kami delegasi Pemuda Kota Payakumbuh telah mengikuti kegiatan yang bertajuk "Telusuri Pekanbaru."

Kami telah mengunjungi RTH Tugu Integritas dan Tugu Merah Putih, ini merupakan lokasi bendera merah putih pertama kali dikibarkan di Pekanbaru. Di depannya ada rumah walikota Pekanbaru dan museum atau kantor RRI, tempat radio zaman Belanda dikumpulkan disini.

Selanjutnya, kami mengunjungi mesjid tertua di Pekanbaru, yaitu mesjid Raya Pekanbaru dan disana juga ada air 7 rasa, tentunya telah kami mencicipi. Hehehe

Selanjutnya, kami berkunjung ke Makam Marhum Pekan. Makam keluarga raja - raja Siak, juga makam pendiri atau pemberi nama Pekanbaru, sebelumnya daerah ini bernama Sinapelan. 

Ada juga istana Hinggap, rumah kampung melayu dan rumah tenun, tempat orang melayu memulai peradaban disini, di pinggir sungai siak.

Kami ISHOMA di pinggir sungai siak, di bawah jembatan siak. Meski acara terhenti karena faktor cuaca hujan, namun kami sangat menikmati suguhan acara dari panitia. Menyala Pekanbaru !

Fadliriansyah
Lawrencia de Richo
Delegasi Payakumbuh