Galodo Marapi Sumbar Telan Korban Jiwa, Akses Jalan Putus, Rumah Hancur !



#Sumbarberduka

Bencana Galodo Marapi Sumbar, 12 Korban Jiwa, Akses Jalan Putus

Laporan : Fadliriansyah


Sumbar, SagoNews.com - Bencana banjir bandang atau galodo, telah melanda daerah - daerah di sekitar lereng dan kaki gunung Marapi. Dikabarkan dari berbagai grup whatsapp , daerah yang dilanda galodo adalah Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang dan sekitarnya.

Tagar #SumbarBerduka pun mulai viral di media sosial, betapa tidak dikabarkan telah 12 orang meninggal dunia, 8 orang belum ditemukan, puluhan rumah hancur dan beberapa ruas jalan utama dilaporkan tidak bisa dilalui, karena putus dan tertutup material longsor (data sementara dari BPBD Minggu (12/5) pagi , menunggu data update terbaru, red).

Ruas jalan yang putus itu berada di Silaiang, Padang Panjang, sehingga jalan darat Bukittinggi - Padang via jalan tersebut belum bisa dilalui untuk waktu yang belum ditentukan. Jalan Bukittinggi - Padang via Malalak juga belum bisa dilalui karena tertutup material longsor.

Menurut BPBD Provinsi Sumbar, jalan yang bisa dilalui adalah melalui Maninjau ke Pariaman dan Padang. Kemudian jalan Payakumbuh - Lintau - Sijunjung - Solok - Sitinjau Lawik - Padang.

Sedangkan data korban jiwa yang dihimpun dari Tim SAR gabungan, terdapat 12 korban jiwa sementara akibat bencana galodo yang terjadi di kawasan Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang dan kawasan Sungaipua.


Adapun masing masing korban nyawa 12 orang yang terdiri dari 3 orang laki laki dan 9 wanita tersebut 8 telah teridentifikasi identitasnya.


Berikut kami jabarkan 8 korban meninggal yang telah teridentifikasi dari dua kawasan tersebut serta dibawa ke RS Achmad Moechtar Kota Bukittinggi:


1. Nama: Adek Hendra (L)
Umur : 40 tahun
Alamat: Bukik Batabuah


2. Nama: Adila (P)
Umur: 57 tahun
Alamat: Payakumbuh


3. Nama : Resfanel ( P)
Umur: 65 tahun
Alamat: Simpang Bukik Jorong Kubang Duo Koto Panjang, Bukik Batabuah.


4. Nama: Suryani (p)
Umur : 52 tahun
Alamat: jl U Dr Garang kampung Kubu Tangah Galuang.


5. Nama : Syaukani Sani ( L)
Umur : 56 tahun
Alamat : Kapalo Koto


6. Nama: Maryam M Akbar (p)
Umur: 8 tahun
Alamat: Simpang Bukik


7. Nama : Warni Bahar (p)
Umur : 64 tahun
Alamat : Simpang Bukik.


8. Nama : Shanum (P)
Umur : 3 tahun
Alamat Simpang Bukik.


Adapun untuk 4 jenazah lagi masih dilakukan pemeriksaan dan identifikasi.


Demikian laporan sementara yang dapat kami sampaikan.