Bripka Diko Polisi Peduli Literasi dan Generasi



Padang Panjang, SagoNews.com - Berawal dari keprihatinan, melihat kecendrungan anak-anak bermain game online dan menghabiskan waktu dengan gadget,  anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Padang Panjang, Bripka Diko Mahaputra, SH, tergerak untuk mengalihkan anak-anak ke arah yang lebih positif. 

Singkat cerita, Diko terfikir untuk mendirikan pojok baca. Berkat salah seorang warga yang bersedia menjadikan teras rumahnya sebagai tempat pojok baca, harapan Diko pun terwujud. "Space" 1,5 x 1,5 ditata menjadi tempat yang menarik.  

Modal uang operasional Bhabinkamtibmas  yang sedikit itu disisihkan, ditambah bantuan  masyarakat,  maka berdirilah  Pojok Baca Anggrek Merah yang berada di RT. 16 Kelurahan Pasar Usang. "Bersama warga kita bergotong royong membangun pojok baca tersebut,"  katanya, Minggu, (5/7).

Sebagai anggota Bhabinkamtibmas, Bripka Diko memiliki keinginan mengajak anak-anak agar mencintai literasi. " Tidak hanya keamanan masyarakat, saya juga ingin berkontribusi untuk mengajak anak-anak gemar membaca. Membaca akan membuat kita tahu segalanya," ungkapnya.

Buku-buku yang di dapat berasal dari bantuan Bhabinkamtibmas dan bantuan masyarakat, antaralain, buku baru dan buku bekas layak pakai yang berkaitan dengan anak-anak. Setiap bulannya, Diko juga menyisihkan gajinya untuk membeli sejumlah buku gambar. " Anak-anak ini ada yang hobi mengambar, ini kita fasilitasi juga," ungkapnya.

Dua tahun sudah, Pojok Baca  Anggrek didirikan. Pojok baca itu ternyata juga membawa berkah bagi si pemilik rumah. Disebelah pojok baca, pemilik rumah juga mendirikan warung kebutuhan harian.  

Kegiatan di Pojok Baca Anggrek Merah sudah mulai ber variatif. Selain anak-anak yang datang membaca pada sore selepas  belajar mengaji di TPQ, ibu-ibu di RT 16 tersebut juga aktif memanfaatkan nya sabagai sarana berkumpul, membuat kerajinan dari botol bekas. 

Saat Pandemi Corona sebelum Tatanan Normal Baru , kata  Bripka Diko, kegiatan di Pojok Baca Anggrek Merah sempat sepi. Namun selepas itu , kegiatan di pojok baca mulai menggeliat kembali. " Kita juga menjalankan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan," katanya.

Dua atau tiga hari dalam seminggu, Bripka Diko selalu menyempatkan diri datang ke Pojok Baca itu. Diko turut memotivasi anak-anak agar rajin belajar dan membaca. Disamping itu, Diko menasehati anak-anak, waspada terhadap kejahatan dan pelecehan.

"Saya menasihati anak-anak agar waspada, jangan mudah dekat sama orang. Kejahatan dan pelecehan kepada anak sering terjadi dari orang-orang terdekat, hati- hati," kata Bripka Diko

Bripka Diko berharap Pojok Baca Anggrek Merah yang didirikannya  bersama warga setempat, bisa berkembang dan bermanfaat bagi 
seluruh masyarakat di Kota Padang Panjang. (Hrs/frp)

Baca Juga : Iptu Alaswandi Penerima Kalpataru Presiden RI